RAIH PERINGKAT PERTAMA e PPGBM UPTD BLUD PUSKESMAS PRAYA , Yuk Simak Kiatnya disini ....!!!

RAIH PERINGKAT PERTAMA e PPGBM UPTD BLUD PUSKESMAS PRAYA , Yuk Simak Kiatnya disini ....!!!




 UPTD BLUD PUSKESMAS PRAYA MERAIH PERINGINGKAT  PERTAMA SE PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT e PPGBM TAHUN  2021


Penerimaan Piagam & Bingkisan diwakili 
Petugas GIZI Puskesmas




       UPTD BLUD Puskesmas Praya Peringkat Pertama se Provinsi NTB  dalam Penginputan Data Aplikasi Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM), yang diberikan langsung oleh Kepala Dinas Propinsi NTB Bapak dr. H. Lalu Hamzi Fikri,MM.,MARS pada saat Pelatihan Orientasi Penilaian Pertumbuhan Balita Tingkat Provinsi Nusa Tengara Barat Angkatan I Tahun 2021 di Hotel Grand Legi  Mataram Aplikasi Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat atau yang disebut ePPGBM  merupakan bagian dari Sigizi Terpadu secara online yang dapat digunakan untuk mencatat data sasaran individu dan penimbangan atau pengukurannya yang dapat memberikan feedback secara langsung status gizi sasaran tersebut.

Tujuan dari e-PPGBM adalah untuk memperoleh informasi status gizi individu baik balita maupun ibu hamil secara cepat, akurat, teratur dan berkelanjutan untuk penyusunan perencanaan dan perumusan kebijakan gizi.

Ruang Lingkup Aplikasi Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat mancakup data sebagai berikut :

1. Identitasi sasaran individu

2. Pengukuran yang meliputi penimbangan, tinggi badan dan LiLA

3.Kinerja individu baik ASI Eksklusif, Vitamin A, Tablet Tambah Darah serta Pemberian Makanan         Tambahan (PMT).

Manfaat dari e-PPGBM antara lain :

1. Memperoleh data sasaran individu

2. Mengetahui status gizi individu secara cepat dan akurat

3. Mengetahui secara cepat balita gizi buruk yang harus dirujuk atau dilakukan tindakan

4. Mengetahui pertumbuhan balita

5. Memantau pemberian makanan tambah

    Dari penginputan data kedalam aplikasi e-PPGBM sampai dengan Juni 2021  UPTD BLUD Puskesmas Praya menduduki rangking pertama se Provinsi NTB. Ini merupakan rekap status gizi hasil penimbangan terhitung mulai dari Tahun 2018 hingga Juni 2021", hasil entri data yang dilakukan oleh pelaksana program gizi UPTD BLUD Puskesmas Praya Erny Suriyani, Amd.Gz

Lebih lanjut, dikatakan oleh Koordinator Pelaksana Program Gizi Puskesmas mengatakan, dimana dari 6096 sasaran 6237 (102,31%) sudah terinput ke aplikasi tersebut.

presentase dari balita yang sudah ditimbang sebanyak 6237 dan yang stunting sebanyak 1350 orang atau sekitaran 21,65%.

 Rekapitulasi Input Data Online


      Koordinator UKBM (Program Posyandu ) UPTD BLUD Puskesmas Praya mengajak semua ibu   yang punya balita untuk datang ke posyandu menimbang anaknya, guna mendeteksi tumbuh kembang anakserta pemberian vitamin A dan imunisasi. Dengan adanya kesadaran masyarakat untuk datang ke posyandu dalam rangka mengetahui status gizi anak ini, berharap para orangtua yang ada di wilayak kerja UPTD BLUD Puskesmas Praya harus menyadari bahwa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah periode emas bagi tumbuh kembang seorang anak hal ini sangat penting untuk di laksanakan.

 

                                  Team Pelaksana Program Gizi UPTD BLUD Puskesmas Praya





Posting Komentar

0 Komentar

Daftar ONLINE